بـسـم الله الرحـمـن الرحـيـم

Daftar Nama Islam & Artinya untuk Anak Laki & Perempuan

Dahulu di zaman Nabi Shollallahu 'alaihi wasallam dan para shahabatnya Radhiallohu anhum, ketika ada salah seorang diantara mereka yang mendapatkan kabar gembira dengan kelahiran anaknya, maka segera mereka membawanya ke pangkuan Nabi Shollallahu 'alaihi wasallam untuk di "Tahnik" dan diberi nama serta dido'akan. Sebagaimana dikisahkan dalam riwayat berikut ini :

عَنْ أَبِى مُوسَى - رضى الله عنه - قَالَ وُلِدَ لِى غُلاَمٌ ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ وَدَفَعَهُ إِلَىَّ
Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu berkata, "Lahir seorang anakku maka aku membawanya ke hadapan Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam maka beliau memberinya nama Ibrahim dan beliau mentahniknya dengan kurma serta mendo’akan barakah untuknya. Kemudian beliau menyerahkan bayi itu kepadaku.” [Dikeluarkan oleh Al-Bukhari (5467 Fathul Bari) Muslim (2145 Nawawi), Ahmad (4/399), Al-Baihaqi dalam Al-Kubra (9/305) dan Asy-Syu’ab karya beliau (8621, 8622)]

Adapun di zaman ini, dengan tersebarnya informasi yang sangat cepat dan menjangkau ke seluruh pelosok dan penjuru negeri, pemberian nama kepada anak bayi yang baru lahir bukanlah hal yang sulit dan susah meskipun terkadang membuat bingung karena banyaknya contoh nama-nama yang ada sementara yang harus dipilih hanya salah satu diantaranya.

Mari hilangkan kebingungan tersebut dengan mendatangi orang-orang sholeh, atau minimal membaca tulisan para ulama berkaitan dengan nama-nama yang baik di dalam Islam untuk anak-anak kita.

Jauh-jauh hari sebelum anak pertama kami lahir namanya sudah siap, karena ketika di USG belum jelas apakah pria atau wanita maka disiapkanlah nama-nama yang indah untuk anak laki-laki dan juga untuk anak perempuan.

Walhamdulillah, setelah lahir pada rabu malam tanggal 8 Muharram 1434 H bertepatan dengan 21 Nopember 2012 M (21-11-'12 [no. cantik]) ternyata dia seorang gadis, maka kamipun memberinya nama "FATIMAH AZZAHRA"

Keluarga dan handai taulan yang datang menjenguknya, memanggilnya dengan berbagai macam panggilan, ada yang memanggilnya "becce"; "bongko'"; "Ima"; "Zarah" dan seterusnya, yang rata-rata terdiri dari dua suku kata.

Akhirnya kami-pun sepakat memanggilnya dengan panggilan "FATIMAH" secara lengkap atau "DIMAH" secara singkat, sehingga tidak sekedar nama tapi memiliki arti dan makna.

Siapa diantara kita yang tidak mengenal "FATIMAH AZZAHRA"...???

Kenapa sebagian orang lari dan menjauh dari memberikan nama bagi putra dan putrinya dengan nama orang-orang sholeh terdahulu...???

Bukankah didalam sebuah hadits shahih dari al-Mughirah bin Syu’bah radhiallahu ‘anhu dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

« إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ »
“Mereka dahulu suka memakai nama para nabi dan orang-orang shalih yang hidup sebelum mereka.” (HR. Muslim no. 2135)

Untuk itu, bagi pembaca yang lagi menanti datangnya buah hati berikut ini sebuah program yang ringan dan bisa di Download gratis untuk membantu ayah dan bunda mendapatkan ide nama-nama yang indah bukan sekedar enak didengar tapi juga berarti dan penuh makna.


Kamus Al Asma' (الأسماء) merupakan program kamus yang berisi nama-nama anak islami disertai dengan tulisan Arab, arti dalam Bahasa Indonesia dan Inggris serta nama-nama serupa. Kamus ini gratis dan bisa disebarluaskan.

Semoga daftar nama-nama islam untuk anak yang terdapat dalam program tersebut bermanfaat dan menjadi rujukan Ayah dan Bunda dalam mempersiapkan nama untuk putra dan putrinya.


2 komentar:

"Maka berbicaralah kamu berdua (Musa & Harun Alaihimassalam) kepadanya (Fir'aun) dengan kata-kata yang LEMAH LEMBUT, mudah-mudahan ia ingat atau takut" [TQS. Thoha (20):44]